Tangerang Selatan, 31 Oktober 2021., “Aduh, kenapa penjualanku akhir-akhir ini stagnan yah?”, “kenapa belum ada yang beli yahh?”, “kok sulit banget sih dapat pembeli online?”Â
Beberapa situasi di atas pasti sering kita temui sehari-hari, baik yang kita sendiri alami, maupun teman kita alami. M. Riva Yozi Pratama, selaku perwakilan Shopee Indonesia, dalam Beautypreneur Workshop Day 2 menjelaskan bahwa berjualan online saat ini sudah begitu mudah, salah satunya dukungan Shopee pada sektor produk UMKM. Namun, beliau juga mengingatkan bahwa mempertahankan penjualan produk dalam dunia pemasaran online perlu seni tersendiri.

“Ada tiga cara utama untuk meningkatkan penjualan online kita, khususnya di platform Shopee.” ungkap M. Ravi Y. Pratama. Menurutnya, tiga hal itu adalah:
Konten:Â Dalam pemsaran digital, pembuatan dan penyediaan konten adalah hal yang wajib dilakukan bagi para pengusaha saat ini. Variasi produk, foto produk, dan deskripsi produk adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam masalah konten produk kita.
Promosi:Â Sebagai seorang pengusaha, kita perlu menggunakan perspektif konsumen. Apa yang disukai konsumen? tentu adalah harga yang bagus dengan kualitas produk yang unggul. Iya, betul! mengadakan promo, diskon, bundling, hingga kerja sama dengan ekspedisi untuk memberikan program “gratis ongkir”
Interaksi: Dalam pemasaran digital, konektivitas adalah hal yang paling utama bagi produsen. Oleh karena itu, produk/promosi produk kita harus terhubung dengan berbagai platform media sosial yang digunakan oleh konsumen kita. Selain itu, kecepatan admin dalam menjawab berbagai pertanyaan konsumen juga menjadi perann penting dalam tahapan interaksi ini.
Jadi, dari tiga tips di atas, di bagian mana nih yang masih perlu kita tingkatkan Shees di usaha kita?
Instagram: @shestarts.id
Facebook: She Starts Indonesia
Youtube: ShestartsID
Podcast: She.Hear