Shestarts.id Membatik di Tanjung Lesung

Tanjung Lesung, 5 November 2021., Akhir pekan lalu, Shestarts.id berkesempatan untuk mengunjungi salah satu destinasi yang sedang dipersiapkan pemerintah untuk dikembangkan dan dibangun sektor pariwisatanya. Destinasi yang dituju oleh Shestarts.id kemarin adalah Tanjung Lesung yang berada di Propinsi Banten. Jaraknya kurang lebih 4 jam dari Tangerang Selatan dan diprediksi akan lebih pendek apabila jalan tol yang dipersiapkan pemerintah sudah rampung.

Destinasi Tanjung Lesung ini menurut Dany Manta (Cikadu Edutourism Center), Tanjung Lesung bisa dilihat dari 4 sektor dalam pembangunan dan pengembangan pariwisatanya. Keempat hal tersebut adalah kuliner, kriya, homestay, dan jasa. “PR bagi pengembangan Tanjung Lesung ke depannya bisa dilihat dari empat sisi tersebut. Ke depan, kita bisa mulai berbenah dari empat pilar tersebut.” ungkap Dany Manta pada Shestarts.id

Dalam empat pilar di atas, tentu peran SME (Small & Medium Enterprise) atau yang lebih dikenal sebagai UMKM akan dilibatkan agar pariwisata bisa lebih berkelanjutan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh penduduk lokal setempat.

Kunjungan hari pertama Shestarts.id adalah di Batik Cikadu Tanjung Lesung. Desa ini tidak hanya menawarkan batik buatan masyarakat Tanjung Lesung, tetapi juga menawarkan experience bagi pengunjung yang berminat untuk belajar membatik.

Dalam pengerjaan batik, masayarakat sekitar diberdayakan, mulai dari ibu-ibu hingga anak SMA yang ingin mengisi waktu luang mereka. Sejauh ini, batik Cikadu telah memiliki beberapa pemesan, di antaranya adalah para pegawai pemerintah setempat. Mereka berharap, dengan dibangunnya sektor pariwisata di Tanjung Lesung, geliat usaha batik masyarakat ini bisa lebih dikenal dan bisa bertumbuh secara positif.

Pariwisata adalah sektor yang dibangun dari banyak sektor, termasuk di dalamnya adalah penguatan produk yang ditawarkan oleh destinasi. Tugas penguatan produk ini adalah pekerjaan bersama, sehingga Shestarts.id mencoba mengambil peran dan mendorong berbagai pihak untuk ikut berkolaborasi di dalamnya. “Tugas ini tentu tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin dilakukan jika kita berkolaborasi dengan banyak pihak.” ujar Nadia Sarah, Co-Founder Shestarts.id,  dalam kunjungannya kemarin di Tanjung Lesung.

-editor

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Penulis

She
 Starts

Artikel Lainnya
dari Member Ini

Perempuan Modern, Ini Pilihan Asuransi yang Wajib Dimiliki
6 May 2022
Perempuan Berdaya adalah Cita Bersama
24 April 2022
kumparanWOMAN Sukses Menggelar Women’s Week 2022 Break The Barriers
3 April 2022
Ajak Seluruh Perempuan Indonesia Dobrak Batasan, kumparanWOMAN Kembali Gelar Women’s Week 2022
29 March 2022
Ini Mitos Tentang Entrepreneur yang Salah. Jangan percaya, Shees!
14 March 2022

Artikel Terbaru Lainnya

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories