New Mom Berani Memulai Usaha

Status “New Mom” atau baru melahirkan jangan sampai menghentikan niat kita untuk berdaya. Seperti Carolina Ardelia, yang memutuskan untuk memulai usaha natural soap dengan brand Bathender. Ide bisnis natural soap berawal dari masalah kulit yang dialami anaknya yang masih bayi yang mendorongnya untuk belajar membuat sabun natural sendiri. Ia berinisiatif untuk beralih menggunakan bahan-bahan alami. Walaupun niat awal hanya untuk pemakaian sendiri, tak disangka produk Carolina disambut baik oleh teman dan keluarganya. Ia lalu mulai merilis brandnya pada Februari tahun 2020.

Modal yang kecil tidak menghalangi niat Carolina untuk memulai usaha. Ia melakukan riset pasar dengan meminta review dari teman dan keluarga, dan mencari tahu apa saja produk yang dibutuhkan oleh mereka. Bahkan untuk memperdalam pengetahuannya di bidang kosmetik organik, dia mengambil kelas diploma dan mengalokasikan waktu untuk kembali belajar. Kerja kerasnya ini membuahkan varian-varian produk baru dengan manfaat yang beragam. Saat ini Bathender Soap tidak hanya menjual sabun natural, tapi juga body scrub, natural deodorant, bug repellent untuk bayi, dan nectar oil.

Caroline berpendapat penerimaan pasar terhadap produk perawatan kulit natural cukup besar, apalagi masalah kulit juga makin beragam. Sangat penting bagi brand untuk menjelaskan komposisi dari bahan-bahan yang digunakan dan manfaatnya. Produk juga harus dibuat spesifik untuk setiap permasalahan kulit, dan dikemas secara menarik. Penggunaan bahan natural dan proses pembuatan yang lebih alami menjadi keunikan dari produk ini, sehingga produk Bathender aman untuk digunakan oleh bayi, ibu hamil dan ibu menyusui. Di sisi lain, produknya juga dapat digunakan oleh laki-laki yang ingin membersihkan dan merawat kulitnya.

Dalam memasarkan produknya, Bathender telah menggunakan media offline maupun online. Pada awalnya, Caroline mencoba memasarkan produknya kepada teman-teman dan keluarganya secara langsung dengan memberikan tester dan meminta feedback. Kemudian, produknya semakin berkembang dan kini telah memasarkan melalui media online, seperti instagram dan platform belanja online yaitu Tokopedia dan Shopee.

Dalam menjalankan bisnisnya, Caroline tentunya juga mengalami hambatan dan tantangan tersendiri. Terlebih lagi, Ia memiliki peran ganda yaitu sebagai istri, ibu dan sekaligus menjadi pebisnis. Akan tetapi, tantangan yang paling dirasakannya adalah dirinya sendiri yang masih kurang percaya diri dan competitor yang menawarkan produk soap dengan harga yang terjangkau. Namun, hal tersebut dia atasi dengan meyakini diri, belajar dan berkomitmen untuk menggunakan bahan-bahan alami dalam menjalankan bisnisnya. Ia juga berpesan kepada perempuan yang ingin memulai bisnis nantinya harus memiliki tekun, jangan pantang menyerah, jujur dan berani transparan dalam bahan yang digunakan, serta melakukan segala usaha dengan cinta dan hati. Hal ini agar nantinya terdapat kepuasan sendiri dan dapat bermanfaat untuk orang lain.

Shestarts.id melalui program SheStarts.Story di Youtube mengajak Caroline Ardelia untuk membagikan kisah perjalanan bisnisnya untuk menginspirasi entrepreneur perempuan yang bisa diakses melalui channel Youtube kami di SheStartsID atau klik https://www.youtube.com/watch?v=A0GaDVMGz-M. Kami juga mengajak para womenpreneur untuk bergabung dalam komunitas entrepreneur wanita kami dan bersama menciptakan ekosistem bisnis yang saling mendukung, karena perempuan mampu berdaya.

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories