Memperkenalkan Kain Indonesia Melalui Fashion Ke Ranah Internasional

Nola Marta adalah seorang desainer Indonesia yang telah membawa motif kain Indonesia ke dunia internasional melalui karyanya. Ia juga telah beberapa kali menerima award dari pemerintah Australia untuk memperdalam ilmu di bidang Fashion Bisnis. Ilmu yang ia peroleh kemudian ia bawa ke para pengrajin kain lokal di Indonesia dan berkolaborasi dengan mereka untuk menghasilkan produk fashion yang lebih komersil. Ia juga membawa motif dan teknik tapis dari Lampung untuk diperkenalkan di ajang New York Fashion Week 2019.

Pada saat menempuh pendidikan di Australia, Nola ingin mengembangkan kualitas material yang digunakan dalam teknik tapis Lampung. Ia selalu ingat pesan dari mentornya saat itu yaitu ketika ingin membawa budaya daerah keluar agar tidak menghilangkan budaya aslinya, akan tetapi perlu menambahkan sentuhan budaya modern, jika tidak budaya tersebut hanya kan dinikmati oleh masyarakat lokal saja.

Nola Marta melakukan kerja sama dan pembinaan dengan pengrajin lokal dari seluruh Indonesia untuk menggabungkan warisan lokal dengan desain modern dan wearable. Kolaborasi tersebut mengusung teknik tapis dan maduaro dari lampung dan pewarnaan kain natural dari Yogyakarta. Proses karya lokal ke kancah internasional, bermula dari menerapkan tapis di atas kulit dan sutra. Dalam ajang New York Fashion Week, Nola memperkenalkan kain Indonesia melalui fashion ke ajang Internasional yaitu mengaplikasikan teknik tapis ke atas kain sutra dan kulit

Karya yang dihasilkan oleh Nola Marta terinspirasi dari perjalanan dan pengalamannya di masa lalu. Karya yang dihasilkan oleh Nola kini berfokus pada sustainable fashion yang tidak hanya melihat dari bahan baku yang digunakan saja, tapi juga dari proses produksi yang yang etis dan dampaknya pada lingkungan. Fashion yang sustainable artinya produk yang dihasilkan bertahan lama dan dapat di kombinasikan dengan barang yang telah dimiliki.

Pesan yang diberikan oleh Nola Marta untuk para perempuan yang ingin memulai usaha adalah jangan takut untuk memulai suatu usaha ketika kita tidak mempunyai modal yang cukup. Bangunlah networking yang telah terjalin saat ini, karena suatu usaha akan berjalan ketika mempunyai networking yang bagus. Networking yang terjalin dengan baik, dapat menjadi cara untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Tetap semagat walaupun banyak rintangan yang dihadapi ketika baru memulai suatu usaha.

Masih banyak lagi cerita dari seorang Nola Marta yang bisa menjadi pelajaran bagi kita. Shestarts.id melalui program SheStarts.Story di Youtube mengajak Nola Marta untuk membagikan kisah perjalanan bisnisnya untuk menginspirasi entrepreneur perempuan yang bisa diakses melalui channel Youtube kami di SheStartsID atau klik https://www.youtube.com/watch?v=jXZ_yk3HwYI  Kami juga mengajak para pengusaha perempuan untuk bergabung dalam komunitas entrepreneur perempuan kami dan bersama menciptakan ekosistem bisnis yang saling mendukung, karena perempuan mampu berdaya.

 

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penulis

She
 Starts

Artikel Lainnya
dari Member Ini

Workshop Pengembangan UMKM Kriya dari Kain Daur Ulang Sampah Plastik bersama Shestarts.id dan Plasticpay
24 September 2021
Shestarts.id Mengadakan Kompetisi Ide Bisnis 2021 untuk Womenpreneur
5 September 2021
Perempuan Inspiratif: Ivonne Faradina Memberdayakan dan Memerdekaan Diri Melalui Tas Vedlyn
23 August 2021
Sheesters Meet Up
25 May 2021
Rumah Shestarts.id, Rumah Wirausaha Perempuan Indonesia
20 May 2021

Artikel Terbaru Lainnya

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories