Ikan Lokal Naik Kelas di Tangan Perempuan Indonesia

Kalau kita pergi ke supermarket premium di kota besar, mungkin kita pernah melihat brand Silly Fish Indonesia. Namanya yang unik langsung menarik perhatian kita karena terkesan konyol, padahal dibalik nama tersebut ada brand yang dikelola dengan sangat serius dan penuh perhitungan oleh pendirinya, Rika Puspita. Teh Rika, begitu kami memanggilnya, melihat adanya potensi besar dari sumber daya laut Indonesia dan pasar Indonesia. Dia berpikir, daripada menjual ikan Indonesia ke luar negeri, lebih baik mensuplainya ke masyarakat Indonesia, hingga akhirnya Silly Fish Indonesia saat ini memiliki lebih dari 30 distributor di seluruh Indonesia.
Sesuai namanya, Silly Fish Indonesia menyediakan ikan segar Indonesia dan produk olahannya seperti paket ready-to-cook, saus siap pakai, dan pasta. Di tahap awal pengembangan usaha, Teh Rika mulai mensuplai ikan segar ke gerai-gerai, tapi sering kali mereka kehabisan stok ikan. Namun masalah tersebut justru mendorong mereka untuk mencari sumber ikan lain ke seluruh Indonesia dan berkenalan dengan komunitas-komunitas nelayan. Di sini lah Teh Rika melihat betapa mirisnya kehidupan para nelayan, dan hal tersebut menambah niatnya untuk meningkatkan taraf hidup nelayan dan nilai produk ikan Indonesia. Mereka lalu melakukan riset dan mulai mengembangkan produk frozen food dan ready-to-cook product dari ikan Indonesia.
Untuk memberikan layanan dan produk yang terbaik, Teh Rika dan timnya dengan serius menggarap bisnisnya secara komprehensif dari hulu hingga hilir. Keseluruhan proses harus selaras dengan value dan semangat dari Silly Fish Indonesia, yaitu smart, warm, fun dan adventurous. Ia memberikan edukasi dan alat yang membantu para nelayan untuk meningkatkan kualitas ikannya, menyeleksi distributor dan gerai rekanan, hingga membangun sistem pengiriman. Di hilir, Silly Fish Indonesia berusaha memberikan edukasi ke masyarakat tentang keunggulan dan manfaat produk laut/maritim lokal yang baik untuk kesehatan mereka, serta kontribusi mereka kepada hajat hidup orang banyak bila mengkonsumsi produk laut Indonesia khususnya ikan. Bahkan Silly Fish Indonesia memiliki program seminar ke sekolah-sekolah untuk mengkampanyekan manfaat dan kenikmatan ikan.
Selalu mengikuti perkembangan zaman, Silly Fish Indonesai memiliki beberapa platform online mulai dari website, toko online, aplikasi Silly Fish Indonesia, kerjasama dengan marketplace, dan media sosial, serta penjualan offline melalui supermarket untuk melayani konsumen retail. Mereka juga melayani konsumen B2B ke resturan kelas atas.
Teh Rika sangat yakin konsistensi adalah kuncian dalam membangun brand, maka seluruh pihak yang terlibat di dalam usahanya, termasuk rekanan, harus memiliki value yang sama dengan Silly Fish Indonesia. Selain itu, kunci sukses lainnya bagi Teh Rika adalah tim yang hebat dan inovatif untuk menciptakan Unique Selling Point (USP), dan selalu terbuka untuk berkolaborasi. Dan yang paling penting, Teh Rika dan tim sangat menghargai riset dan data dalam mengambil keputusan.
            Pesan Teh Rika untuk para perempuan yang ingin membangun bisnis di Indonesia adalah kita harus berkontribusi dalam membangun negeri melalui usaha kita. Ketika kita membangun usaha, berarti kita akan memudahkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya, dan nantinya akan berbalik ke kita juga dalam keberkahan. Dan jangan menjadikan rasa takut sebagai halangan dan hambatan ketika kita ingin memulai bisnis. Peran sebagai seorang wanita di keluarga dan masyarakat juga tidak boleh menjadi batas dan halangan untuk berkontribusi di tengah-tengah masyarakat. Selama bisa dilakukan sesuai dengan norma-norma dan tetap menjalani kewajibannya sebagai seorang Ibu dan istri, maka lakukanlah. Karena semua orang memiliki kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri mereka, termasuk seorang wanita.
            Masih banyak cerita dari seorang Rika Puspita yang bisa menjadi pelajaran bagi kita. Shestarts.id melalui program SheStarts.Story di Youtube mengajak Rika Puspita untuk membagikan kisah perjalanan bisnisnya untuk menginspirasi entrepreneur perempuan yang bisa diakses melalui channel Youtube kami di SheStartsID atau klik https://www.youtube.com/watch?v=Z2QQf3q_xW8. Kami juga mengajak para pengusaha perempuan untuk bergabung dalam komunitas entrepreneur perempuan kami dan bersama menciptakan ekosistem bisnis yang saling mendukung, karena perempuan mampu berdaya.

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penulis

She
 Starts

Artikel Lainnya
dari Member Ini

Shestarts.id Mengadakan Kompetisi Ide Bisnis 2021 untuk Womenpreneur
5 September 2021
Perempuan Inspiratif: Ivonne Faradina Memberdayakan dan Memerdekaan Diri Melalui Tas Vedlyn
23 August 2021
Sheesters Meet Up
25 May 2021
Rumah Shestarts.id, Rumah Wirausaha Perempuan Indonesia
20 May 2021
SheStarts.id Menyelenggarakan Webinar Kartini Indonesia Mendunia
20 May 2021

Artikel Terbaru Lainnya

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories