6 Sumber Pendanaan bagi Entrepreneur

Pendanaan seringkali dianggap sebagai penghalang untuk memulai atau mengembangkan usaha. Banyak calon entrepreneur yang enggan mewujudkan ide bisnisnya karena merasa tidak memiliki modal, tapi juga bingung bagaimana cara memperolehnya.

Sebagian entrepreneur yang beruntung mampu memodali usahanya dengan uangnya sendiri, lalu bagaimana dengan entrepreneur yang memerlukan pendanaan dari luar? Saat ini semakin banyak sumber pendanaan yang tersedia di Indonesia dan bisa diakses oleh entrepreneur yang baru merintis. Berikut sumber pendanaan umum tersebut:

  1. Dana Hibah

Dana hibah untuk UMKM bisa didapatkan melalui kompetisi yang dilaksanakan oleh pemerintah ataupun melalui program incubator/accelerator yang dilaksanakan oleh venture capital/komunitas startup.

  1. Angel Investor

Angel investor merupakan suatu kelompok bisnis yang telah meraih kesuksesan yang melakukan investasi dengan menggunakan dana pribadi yang bertujuan untuk mendanai suatu bisnis yang berpontensi. Angel investor memiliki fokus dalam membantu suatu bisnis di masa awal.

  1. Peer to Peer Lending

Peer to peer lending merupakan suatu media yang digunakan oleh suatu perusahaan yang bertujuan untuk menyatukan atau mempertemukan secara langsung seseorang yang akan melakukan peminjaman dana dengan pemberi dana yang dilakukan tanpa adanya perantara seperti hal nya yang berlaku di suatu bank.

  1. Equity Crowd Funding

ECF merupakan suatu  jenis pendanaan yang membantu suatu bisnis atau proyek untuk mendapatkan dana dengan menggunakan metode patungan.  Seseorang yang berpartisipasi atau biasa disebut sebagai investor akan mendapatkan kepemilikan saham dengan persentase yang telah disesuaikan.

  1. Venture capital

Venture capital merupakan suatu investasi dalam bentuk penyertaaan modal terhadap pasangan usaha (Investee company) dalam jangka waktu tertentu. Investasi ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang dapat ditukarkan dengan sejumlah saham pada perusahaan pemberi dana.

  1. IPO pasar modal

IPO merupakan suatu keadaan dimana suatu perusahaan akan menjual sebagian saham yang dimiliki terhadap publik atau masyarakat umum yang bertujuan untuk mendapatkan dana tambahan untuk melancarkan operasional perusahaan yang dapat mempercepat kegiatan ekspansi.

Setiap sumber pendanaan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai entrepreneur kita harus memiliki kesadaran dalam menentukan sumber pendanaan yang paling tepat dan juga menghitung kapabilitas diri dan usaha kita. Dan yang selalu menjadi pertanyaan para pemberi dana: seberapa mampu kita mengembangkan usaha hingga pada akhirnya mampu memberikan return kepada para investor.

SheStarts.id mengajak para womenpreneur Indonesia untuk mengenal apa saja sumber pendanaan yang bisa kita akses. Kami mengundang narasumber dari lembaga kredit dan venture capital Indonesia untuk menjelaskan sumber pendanaan dan bagaimana cara memperolehnya. Silakan kunjungi Youtube kami di SheStartsID atau klik https://youtu.be/SxNbjuL36tE untuk video “Pendanaan untuk Pengusaha Pemula bersama BRI Ventures” dan https://youtu.be/ztPJYGmaUfM untuk video “Kredit Sebagai Salah Satu Sumber Pembiayaan Usaha”. Kami juga mengajak para womenpreneur untuk bergabung dalam komunitas entrepreneur wanita kami dan bersama menciptakan ekosistem bisnis yang saling mendukung.

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penulis

She
 Starts

Artikel Lainnya
dari Member Ini

Workshop Pengembangan UMKM Kriya dari Kain Daur Ulang Sampah Plastik bersama Shestarts.id dan Plasticpay
24 September 2021
Shestarts.id Mengadakan Kompetisi Ide Bisnis 2021 untuk Womenpreneur
5 September 2021
Perempuan Inspiratif: Ivonne Faradina Memberdayakan dan Memerdekaan Diri Melalui Tas Vedlyn
23 August 2021
Sheesters Meet Up
25 May 2021
Rumah Shestarts.id, Rumah Wirausaha Perempuan Indonesia
20 May 2021

Artikel Terbaru Lainnya

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories