WEpreneur

by

Program kolaborasi BCA Syariah X SheStarts.id yang bertujuan memilih 15 Big Sista Indonesia untuk mengikuti pelatihan bisnis dan pendampingan sehingga di kemudian hari, mereka dapat berperan menjadi mentor bagi Sista lainnya.

Merayakan dan Mendukung UMKM Perempuan

Krisis pandemi membawa perubahan dan tantangan besar untuk UMKM. Pelaku usaha dituntut untuk cepat beradaptasi dengan cepat agar tetap bertahan dalam kondisi sesulit apapun. Walau krisis pandemi sudah berlangsung dan memasuki new normal, namun masih banyak pelaku usaha yang masih belum siap menghadapi disrupsi dan mengatasi tantangan untuk menjual produknya dan bertahan di era New Normal. Kebanyakan dari mereka adalah pelau usaha dengan skala mikro dan kecil yang dikelola oleh perempuan.

Berdasarkan data Bank Indonesia (2016), lebih dari 60% UMKM di Indonesia didominasi oleh usaha milik perempuan (womenpreneur). Sayangnya, kebanyakan dari mereka masih menghadapi banyak rintangan seperti kurangnya keterampilan & pengetahuan, kesulitan mendapatkan dan mengelola pendanaan, peran ganda sebagai Ibu rumah tangga, dan kemampuan digital.

Selaras dengan salah satu tujuan Tujuan Pembangunan Keberlanjutan (Sustainable Development Goals), yaitu “Tanpa Kemiskinan” dan “Kesetaraan Gender”, kami berupaya melakukan program pengembangan usaha milik perempuan. Perempuan sebagai penggerak ekonomi melalui kewirausahaan diharapkan bisa terus mendorong perekonomian Indonesia, dan menjadi penggerak perubahan di lingkungan sekitarnya.

Tonggak Pencapaian Kami di Tahun 2022

15

Pelaku Usaha
Perempuan

terpilih dan mengikuti pelatihan dan pendampingan untuk menjadi role model di komunitas lokal mereka.

4 Intensive Classes
8 Coachings

4 modul kewirausahaan yang bisa diakses oleh pelaku usaha.

13

Micro
Mentoring

Total 389 perempuan mendapat pelatihan usaha dari Big Sista.

15 Big Sista Terpilih

Kategori
Kriya

Kategori
Perawatan Kulit

Kategori
Makanan & Minuman

Kategori
Kelompok
Masyarakat