Perempuan Modern, Ini Pilihan Asuransi yang Wajib Dimiliki

Seorang perempuan modern memiliki tanggung jawab yang sama besar dan butuh perencanaan keuangan serta karier yang tepat. Salah satunya, membutuhkan proteksi asuransi.

Pasalnya, seorang perempuan modern saat ini tidak hanya dituntut untuk memberikan pengabdian sepenuhnya kepada keluarga, tetapi juga membagi perhatian untuk karier, pengembangan diri, dan keluarga.

Meski begitu, tak mudah bagi perempuan modern memilih jenis asuransi yang tepat dan dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh, sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah, asuransi kesehatan.

Seperti diketahui, asuransi kesehatan merupakan jenis perlindungan asuransi yang menanggung biaya medis, bedah, obat-obatan, dan sejenisnya untuk tertanggung atau pemegang polis. Asuransi ini dapat mengganti pengeluaran medis akibat sakit atau terluka, serta membayar biaya perawatan medis secara langsung.

Begitu pentingnya memiliki proteksi kesehatan membuat kaum perempuan perlu meningkatkan perlindungan terhadap kesehatan, baik diri sendiri maupun keluarga.

Tak hanya asuransi kesehatan saja, proteksi lainnya yang tak kalah penting untuk dimiliki adalah polis asuransi jiwa. Apalagi, jika kamu merupakan pencari nafkah utama atau tulang punggu keluarga.

Asuransi jiwa dapat memberikan santunan tunai jika tertanggung meninggal dunia akibat sakit, kecelakaan, dan risiko lainnya yang tidak disengaja.

Untuk mengetahui manfaat apa saja dari kedua jenis asuransi tersebut, mari kita simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Perempuan dan Asuransi Kesehatan  

Dengan memiliki asuransi kesehatan, berarti kamu selaku nasabah dan keluarga dapat fokus menjalani penyembuhan tanpa dibebani rasa khawatir terhadap biaya pengobatan dan biaya tagihan rumah sakit.

Begitu pun dengan rincian biaya yang harus dikeluarkan, tentu saja harus diperhitungkan matang oleh pasien pada waktu mendapatkan perawatan medis. Biaya tersebut mulai dari biaya kamar, biaya kunjungan dokter, obat-obatan, terapi, dan lainnya

Meski begitu, saat memutuskan ingin membeli asuransi, bisa jadi kita bingung dalam menentukan pilihan karena kurangnya pengetahuan tentang asuransi sehingga bisa jadi produk yang kita beli cenderung kurang tepat atau justru menunda membelinya hingga tanpa terasa usia sudah  bertambah dan risiko pun meningkat.

Padahal, dengan asuransi kesehatan, berarti menjaga finansial keluarga karena ketika harus menjalani rawat inap.

Tertanggung juga bisa mendapatkan perawatan yang berkualitas di rumah sakit setelah dirujuk rawat inap oleh dokter yang merawat secara tertulis sehubungan dengan penyakit yang diderita.

Setelah mendapatkan rujukan, perusahaan asuransi akan menanggung biaya perawatan baik secara nontunai (cashless) atau penggantian pembayaran (reimburse) sesuai yang tercantum dalam polis nasabah.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi kesehatan memberikan manfaat pertanggungan biaya pengobatan atau perawatan kesehatan di rumah sakit maupun layanan medis lainnya.

Adapun manfaat yang diberikan terdiri dari dua kategori, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan (rider). Manfaat dasar ini meliputi pertanggungan utama, seperti biaya rawat inap, pembedahan, dan rawat jalan.

Sementara manfaat tambahan atau dikenal dengan sebutan rider adalah perluasan pertanggungan polis asuransi kesehatan. Artinya, untuk mendapatkan rider ini nasabah akan dikenakan biaya tambahan.

Misal, sudah mendapatkan manfaat dasar berupa rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan, kemudian nasabah ingin memperoleh manfaat tambahan lain seperti medical check up (MCU), asuransi melahirkan, asuransi kesehatan cover perawatan gigi, dan perawatan mata.

Berikut ini beberapa manfaat perawatan oleh asuransi kesehatan:

  • Rawat inap di rumah sakit.
  • Rawat jalan, meliputi biaya konsultasi dokter umum, konsultasi dokter spesialis, dan biaya pemeriksaan laboratorium.
  • Perawatan untuk pencegahan penyakit seperti imunisasi atau skrining kanker.
  • Persalinan baik secara normal maupun bedah caesar.
  • Perawatan gigi seperti tambal gigi, membersihkan karang gigi, cabut gigi dan tidak untuk perawatan ortodontis (meratakan gigi) seperti pemasangan behel.
  • Biaya obat-obatan.

Perempuan dan Asuransi Jiwa

Tipe asuransi lainnya yang wajib dimiliki perempuan modern adalah asuransi jiwa murni. Pasalnya, tidak ada yang bisa memperkirakan datangnya musibah, terlebih kalau seorang wanita bekerja di lingkungan yang rentan terjadi kecelakaan kerja.

Asuransi jiwa akan memberikan manfaat dan dampak positif bagi pemegang polis asuransi jiwa. Tak hanya bermanfaat bagi pemegang polis, tetapi untuk seluruh keluarga tertanggung.

Dengan begitu, bila terjadi sesuatu hal yang negatif, polis asuransi jiwa akan bisa dimanfaatkan sebagai satu wujud perlindungan finansial yang potensial.

Manfaat Asuransi Jiwa

Semua manfaat asuransi memang tidak langsung dirasakan sekarang atau saat ini oleh pemiliknya, namun hal ini akan sangat bermanfaat untuk hidupmu kelak ketika musibah datang.

Secara garis besar, asuransi jiwa adalah sebuah perlindungan yang mampu menanggulangi risiko terjadinya hal yang tidak terduga akibat dari meninggalnya anggota keluarga.

Selain itu, pihak asuransi juga akan bertanggung jawab atas ketidakmampuan anggota keluarga mencari nafkah akibat kecelakaan yang menyebabkan cacat fisik, baik sebagian ataupun total.

Pertanggungan ini diberikan untuk keluarga, di mana hilangnya pendapatan dari anggota keluarga yang bekerja sebagai tulang punggung. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan.

Melalui asuransi, anggota keluarga yang ditinggalkan mampu menjaga kestabilan finansial dan masih dapat melanjutkan pendidikan, kehidupan yang layak, hingga kesehatan.

Nantinya pihak asuransi akan memberikan uang santunan kepada ahli waris atau keluarga apabila nasabah mengalami cacat total hingga meninggal dunia.

Article by Lifepal

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Penulis

She
 Starts

Artikel Lainnya
dari Member Ini

Perempuan Modern, Ini Pilihan Asuransi yang Wajib Dimiliki
6 May 2022
Perempuan Berdaya adalah Cita Bersama
24 April 2022
kumparanWOMAN Sukses Menggelar Women’s Week 2022 Break The Barriers
3 April 2022
Ajak Seluruh Perempuan Indonesia Dobrak Batasan, kumparanWOMAN Kembali Gelar Women’s Week 2022
29 March 2022
Ini Mitos Tentang Entrepreneur yang Salah. Jangan percaya, Shees!
14 March 2022

Artikel Terbaru Lainnya

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories