16 Alasan Mengapa Wanita Merupakan Pebisnis yang Hebat (Part 1)

Pencapaian seseorang hanya dapat dibatasi langit, artinya dalam mencapai sesuatu pada dasarnya potensi yang dimiliki manusia adalah tidak terbatas. Sebagai contoh adalah fakta 40% bisnis di Amerika Serikat saat ini dikuasai oleh wanita. Selain itu, China yang memiliki  perekonomian terbesar kedua di dunia memiliki entrepreneur wanita sebesar 55%. dari total entrepreneur yang ada di negara tersebut.

Fenomena tersebut merupakan hal yang sangat menarik. Terlebih penelitian maupun pengalaman menyatakan bahwa wanita merupakan pebisnis yang hebat karena alasan-alasan berikut ini :

 

1. Kecerdasan emosi yang lebih tinggi.

Wanita lebih cepat memahami isyarat sosial dan membaca situasi emosional. Menjalankan bisnis dengan pertimbangan yang lebih besar terhadap orang-orang yang berkerja dengan mereka termasuk karyawan, pelanggan, dan pemasok yang membuat mereka menjadi pemimpin yang lebih baik dan rekan bisnis yang lebih mudah bekerja sama.

Sebagian wanita memiliki kemampuan alamiah untuk memahami orang lain. Mereka peduli dengan orang-orang dan dunia yang ada di sekitarnya, dan memperlakukan orang lain dengan rasa hormat.  Ini merupakan hal yang baik di dunia dimana menghubungkan dan mengelola hubungan merupakan hal yang penting bagi pelanggan dan orang-orang yang menjalankan bisnis.

Singkatnya, wanita menghargai hubungan, dan hubungan tersebut dapat memenangkan lebih banyak kesepakatan bisnis.

2.Lebih berpengalaman dalam menghadapi hambatan yang Berat.

Ketika seorang wanita berusaha menjalankan bisnis menghadapi banyak hambatan, yang dapat berupa prasangka dari kreditur, klien potensial, dll.

Sebagian orang masih mengira mereka dapat mengambil keuntungan dari wanita karena dianggap bukan tipe “business owner”.

Untuk dapat sukses dalam berbisnis, wanita kerap harus bekerja dua kali lebih keras daripada Pria untuk dapat dianggap serius dan diperhitungkan.

3. Lebih baik dalam multitasking

 Wanita diciptakan untuk mampu mengelola multiple prioritas dan menyeimbangkan berbagai peran yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Mereka terbiasa memiliki banyak hal yang harus diurus dan tidak akan mengalami kerepotan dengan gaya hidup entrepreneurship sehari-hari.

4. Membuat karyawan merasa lebih dihargai

Wanita tidak takut untuk membagi kebahagiaan ketika urusan bisnis berjalan dengan lancar. Tidak semuanya harus berpusat pada mereka. Pengakuan atas pencapaian dan kontribusi orang lain dapat membuat seluruh perusahaan merasa senang untuk bekerja dalam mencapai tujuan bersama.

5. Lebih baik dalam menghitung risiko yang akan diambil

Dalam bisnis, seseorang seringkali meragukan dirinya dan membutuhkan konsultasi dengan tim ketika mengambil keputusan yang besar dan penting. Dalam hal ini, wanita dapat menghindarkan usahanya dari salah perhitungan risiko yang seharusnya tidak perlu karena mereka memiliki kerentanan yang rendah atas overconfidence dalam pengambilan keputusan. Wanita cenderung lebih realistis dalam menghadapi bahaya yang ada di depannya.

 

(Bersambung)

Sumber : Fundera

Ditulis Ulang oleh : Fauzia Basuki

 

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories