Membuat Rencana Bisnis Sederhana

Ketika kita sudah memiliki dan memilih ide bisnis yang akan kita wujudkan dan kita pilih…kemudian kita juga udah punya tujuan bisnis yang ingin kita capai…disinilah saatnya kita menuangkan pemikiran kita ke dalam suatu rencana bisnis. Yes, perencanaan bisnis itu pentingg banget karena seringkali rencana yang baik menjadi suatu penentu apakah bisnis tersebut akan berhasil atau tidak.

Pada dasarnya, rencana bisnis yang lengkap dapat berisi detail informasi bagaimana bisnis kita akan dijalankan. Namun untuk usaha mikro, kecil, dan menengah lebih membutuhkan rencana bisnis yang sederhana tapi tetap bermanfaat. Alasan mengapa kita harus membuat rencana bisnis ini  adalah sebagai panduan untuk :

  1. Meyakinkan diri kita sendiri, bahwa ide bisnis yang akan kita jalankan ini bisa berhasil lho…
  2. Meyakinkan partner potensial dan atau investor tentang bisnis seperti apa sih yang akan kita jalankan dan arahnya kemana serta potensi pengembangannya.
  3. Meyakinkan calon karyawan yang akan kita rekrut untuk bergabung dengan kita.
  4. Meyakinkan pihak yang menjadi sumber pendanaan yang nantinya kita butuhkan untuk permodalan usaha.

Ada berbagai pendekatan yang dapat dilakukan untuk menyusun rencana bisnis. Namun demikian, sebelum menyusun rencana bisnis yang lengkap dan komprehensif ada baiknya kita menyusun Rencana Awal Bisnis Satu Halaman. Dalam Rencana Awal inilah kita rumuskan hal-hal penting yang nantinya dapat menjadi panduan kita dalam menyusun dan menjalankan rencana bisnis secara lebih mendetail dan lengkap.  Rencana Awal Bisnis Satu Halaman ini terdiri dari 2 (dua) hal yaitu :

  1. Gambaran Rencana

Gambaran rencana merupakan uraian tentang kondisi bisnis saat ini dan kondisi yang akan dicapai ke depannya. Rencana tersebut dirumuskan berdasarkan timeline yang diinginkan, misalnya dimulai dengan saat ini, kemudian 3 bulan ke depan, 6 bulan ke depan, 1 tahun ke depan seperti apa kondisi bisnis yang diinginkan. Rencana ini dituliskan dalam bentuk tabulasi di wabah ini :

 

Bisnis xxx (tuliskan jenis/nama usaha yang ingin dijalankan atau sudah berjalan)

WaktuDeskripsi Situasi
Saat iniIdentifikasi 5 hal paling penting yang menggambarkan situasi bisnis saat ini. Hal ini bisa berbeda-beda untuk setiap jenis dan ide bisnis.
3 bulan ke depanDari 5 hal tersebut kondisi yang diinginkan pada 3 bulan ke depan seperti apa gambarannya.
6 bulan ke depanDari 5 hal tersebut kondisi yang diinginkan pada 6 bulan ke depan seperti apa gambarannya.
12 bulan ke depanDari 5 hal tersebut kondisi yang diinginkan pada 12 bulan ke depan seperti apa gambarannya.

Kemudian diuraikan poin-poin tentang tujuan yang ingin dicapai dalam 12 bulan. Misalnya sarana yang lengkap, kebutuhan karyawan terpenuhi, fokus strategi pemasaran dan memperluas product awereness, dll.

  1. Bagaimana cara mewujudkan rencana tersebut

Setelah merumuskan gambaran rencana pada nomor 1 tersebut dipikirkan cara mencapai rencana tersebut atau disebut rencana tindak. Rencana tindak ini juga disajikan dalam bentuk tabulasi yang berisi :

  • Strategi yang dipilih untuk mewujudkan tujuan
  • Kegiatan yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan
  • PIC atas kegiatan tersebut

 

Untuk kegiatan dalam rangka mencapai tujuan, dipilih jangka waktu terpendek dari gambaran rencana. Misalnya untuk contoh 1 adalah 3 bulan, maka dibuat kegiatan utama yang dilakukan untuk mewujudkan kondisi 3 bulan dari sekarang.

 

Rencana awal bisnis satu halaman ini harus dilakukan review dan dicek terus menerus untuk dapat melihat progress dan perkembangannya. Selain itu, apabila diperlukan di tahapan berikutnya akan perlu didetilkan lagi dan dilengkapi dengan  rencana yang detil terkait : perencanaan pasar, pengelolaan keuangan, dan pengelolaan sumber daya manusia yang merupakan aturan main atau proses bisnis yang akan dijalankan dalam bisnis yang dibangun.

Dengan demikian, setelah kita berhasil membuat Rencana Awal Bisnis Satu Halaman ini maka tugas kita adalahh..get action atau menjalankan rencana kita itu. Dengan adanya rencana maka apa yang harus dilakukan dan seperti apa prioritasnya akan menjadi lebih terstruktur dan dapat lebih memudahkan…so, lets get action Sheester…

 

Penulis : Fauzia Basuki

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penulis

She
 Starts

Artikel Lainnya
dari Member Ini

Workshop Pengembangan UMKM Kriya dari Kain Daur Ulang Sampah Plastik bersama Shestarts.id dan Plasticpay
24 September 2021
Shestarts.id Mengadakan Kompetisi Ide Bisnis 2021 untuk Womenpreneur
5 September 2021
Perempuan Inspiratif: Ivonne Faradina Memberdayakan dan Memerdekaan Diri Melalui Tas Vedlyn
23 August 2021
Sheesters Meet Up
25 May 2021
Rumah Shestarts.id, Rumah Wirausaha Perempuan Indonesia
20 May 2021

Artikel Terbaru Lainnya

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories