Berbisnis Jamu Melalui Platform Digital

Potensi sumber daya alam, kompetensi SDM dan sosial budaya yang kuat yang terdapat di Indonesia menciptakan produk minuman yang biasa dikenal dengan nama jamu. Jamu di Indonesia memiliki berbagai macam jenis, hal itu karena Indonesia memiliki tanaman rimpang dan herbal yang berlimpah. Setiap daerah memiliki jenis jamu yang berbeda dengan menyesuaikan tanaman khas daerah tersebut. Masyarakat Indonesia menggunakan jamu sebagai minuman kesehatan. Jamu telah mejadi minuman obat secara turun menurun dan menjadi tradisi sampai saat sekarang ini dan menjadi warisan budaya Indonesia.

Jamu Bu Puji Indobeverage merupakan usaha yang menjual berbagai macam produk jamu tradisional Indonesia. Puji F Susanti merintis  Jamu Bu Puji Indobeverage yang berawal dari kebutuhan untuk mengkonsumsi jamu untuk diri sendiri, keluarga dan teman. Seiring berjalannya waktu, penggunaan media sosial sebagai sarana untuk berjualan mulai dipergunakan oleh Bu Puji. Kanal media sosial yang dipergunakan adalah Instagram, website, grab, gojek dan market place lainnya. Berawal dari menyediakan menu jamu di dalam menu catering yang dimiliki, lambat laun membuat akun tersendiri yang dipergunakan untuk menjual produk jamu.

Untuk memulai suatu bisnis melalui dunia digital, harus memiliki motivasi yang tinggi dan mempunyai visi dan misi dalam menjalani bisnis tersebut. Selain itu suatu bisnis harus continue dan sebisa mungkin dapat memberdayakan orang sekitar dan memiliki alur kerja yang dapat memebrikan rasa nyaman dan senang dalam menjalankan pekerjaan. Cara untuk meningkatkan engagement di dalam dunia digital yaitu dengan cara menerima segalam macam ktirik, saran dan masukan yang diberikan oleh konsumen, serta menghadirkan suatu referensi terbaru yang dapat menjadi day atarik tersendiri untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Shestarts.id melalui program SheStarts.Story di Youtube mengajak Puji F Susanti untuk membagikan kisah perjalanan bisnisnya untuk menginspirasi entrepreneur perempuan yang bisa diakses melalui channel Youtube kami di SheStartsID atau klik https://www.youtube.com/watch?v=xTHBLOWJ8gQ . Kami juga mengajak para womenpreneur untuk bergabung dalam komunitas entrepreneur wanita kami dan bersama menciptakan ekosistem bisnis yang saling mendukung, karena perempuan mampu berdaya.

Sumber :

Farmasi UGM. 2020. Menelisik produk Jamu Indonesia Untuk Mendunia < https://farmasi.ugm.ac.id/id/menelisik-produk-jamu-indonesia-untuk-mendunia>

Indonesia.Go.Id. 2019. Sejarah dan Perkembangan Jamu, Minuman Tradisional Indonesia < https://indonesia.go.id/ragam/komoditas/sosial/sejarah-dan-perkembangan-jamu-minuman-tradisonal-indonesia>

https://jamubupujiindobeverage.business.site/#summary

 

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Penulis

She
 Starts

Artikel Lainnya
dari Member Ini

Shestarts.id Mengadakan Kompetisi Ide Bisnis 2021 untuk Womenpreneur
5 September 2021
Perempuan Inspiratif: Ivonne Faradina Memberdayakan dan Memerdekaan Diri Melalui Tas Vedlyn
23 August 2021
Sheesters Meet Up
25 May 2021
Rumah Shestarts.id, Rumah Wirausaha Perempuan Indonesia
20 May 2021
SheStarts.id Menyelenggarakan Webinar Kartini Indonesia Mendunia
20 May 2021

Artikel Terbaru Lainnya

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories