Apa sih Sustainable Business itu?

Kerusakan lingkungan sekarang menjadi permasalahan yang tidak bisa dihindari dan semakin menjadi. Maka dari itu, bisnis yang kamu jalankan diharapkan dapat memberikan kontribusi melalui penerapan sustainable business alias bisnis berkelanjutan. Tapi, sudahkah kamu mengetahui info lengkap tentang sustainable business itu sendiri? Simak penjelasan berikut ini ya!

                     Credit to: Marc Newberry

Sustainable Business di ambil dari 2 kata, yaitu sustainable yang berarti berkelanjutan, dan business yang berarti bisnis. Maksud dari bisnis berkelanjutan ini adalah, dimana bisnis kamu menggunakan atau memanfaatkan lingkungan secara berkelanjutan tanpa merusak keseimbangan bumi.

Hal tersebut jika dilakukan dengan tepat, akan menciptakan kehidupan yang berkelanjutan antara sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada, dan akan selalu menjaga keseimbangan baik di zaman sekarang maupun generasi mendatang. Agar kamu mudah mengingatnya, sustainable business adalah bisnis yang ramah lingkungan. Ada beberapa contoh barang yang bisa kamu buat dari pengelolaan sampah plastik, yaitu pajangan, tas, bangku atau meja, botol skincare, sikat gigi, dll.

                   Credit to: Dan Lewis

Maka dari itu, konsep sustainable business atau keberlanjutan dalam kehidupan bisnis sangat perlu kita terapkan, karena apa yang kita lakukan sekarang, akan memiliki dampak di kemudian hari, entah itu dampak positif maupun negatif. Namun yang pasti, apapun yang kita lakukan harus meminimalkan dampak negatif pada keberlanjutan bisnis dan kelangsungan lingkungan hidup.

Singkatnya, maksud dari keberlanjutan dalam bisnis yaitu menghilangkan pemborosan atau pengurangan biaya saat ini dan kemungkinan biaya masa depan dalam bentuk apa pun untuk meningkatkan keuntungan, daya saing, dan kehidupan bisnis.

Jadi, tunggu apa lagi Shees? Yuk kita berbisnis sambil menjaga kelangsungan hidup bumi!

Bagikan artikel ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Penulis

She
 Starts

Artikel Lainnya
dari Member Ini

Dukung Pengembangan UMKM, BCA Syariah Gelar Program WEpreneur 2
29 January 2024
Bidik Pelaku UMKM Perempuan Naik Level, BCA Syariah Gelar WEPreneur 2
29 January 2024
Ajang WEpreneur BCA Syariah x Shestarts.id Beri Penghargaan 3 UMKM Perempuan pada WEpreneur Summit 2023
11 July 2023
Pentingnya UMKM Melek Hak Atas Kekayaan Intelektual
31 August 2022
Tips Menguatkan Brand Identity Usahamu
10 August 2022

Artikel Terbaru Lainnya

Artikel Terpopuler

Arsip

Archives

Kategori

Categories